Friday, August 25, 2017

Mengerikan!! Inilah Bahaya Smartphone Bagi Kesehatan, ((Rugi Tak Baca!!))

Mengerikan!! Inilah Bahaya Smartphone Bagi Kesehatan, ((Rugi Tak Baca!!))

Baca Juga


Ponsel cerdas atau smartphone adalah telepon genggam yang mempunyai kemampuan, penggunaan, dan fungsi yang menyerupai komputer. Sebuah telepon yang menggunakan berbagai macam fitur canggih. Di segala tempat dan waktu kita banyak melihat orang menggunakan smartphone. Ini sebuah kemajuan yang tidak pernah terbayangkan sebelumnya. Dunia seolah-olah berada di genggaman tangan. Kita bisa berkomunikasi jarak jauh, saling berkirim pesan, main game, transaksi dan belanja online dll karena smartphone berfungsi seperti komputer mini.

Kemana pun kaki melangkah pengguna smartphone selalu menatap layar ponsel seolah-olah tidak ingin terlewatkan hal penting. Namun berhati-hatilah,  penggunaan smartphone yang intens (terus menerus atau terlalu sering) bisa membawa dampak yang buruk bagi kesehatan.

Mata lelah dan sakit kepala

Terus menerus menatap layar dengan huruf yang kecil bisa menyebabkan mata lelah, penglihatan kabur, kepala pusing, dan mata kering. Jika mata anda terasa tidak nyaman maka aturlah jarak pandang ke layar smartphone kurang lebih 30cm atau merubah ukuran font smartphone anda menjadi lebih besar.

Rabun jauh

Memandangi layar smartphone terlalu lama bisa merusak kualitas pandangan mata.

Mengurangi produktifitas

Penggunaan smartphone di lingkungan kantor bisa mengganggu konsentrasi kerja. Konsentrasi akan terbagi antara pekerjaan dengan aplikasi-aplikasi atau fitur-fitur smartphone.

Menimbulkan kecanduan

Kemampuan smartphone untuk terus terhubung dengan dunia luar selama 24 jam dan selalu update, menimbulkan rasa senang bagi penggunanya, hal ini memicu rasa kecanduan untuk terus menggunakannya, katanya biar dibilang "Eksis".

Mengganggu waktu tidur

Suara dari ponsel yang menandakan telp masuk, sms masuk, email masuk, membuat kita tertarik untuk mengintip isinya. Alhasil hingga kita lupa waktu dan membuat tidur lebih larut malam. Waktu untuk beristirahat dan memulihkan energi menjadi tidak optimal.

Merusak otak

Dampak buruk radiasi ponsel terhadap kesehatan memang masih menjadi kontroversi. Namun beberapa penelitian menunjukkan radiasi ponsel bisa memicu tumor otak dan insomnia (susah tidur). Oleh karena itu jangan menggunakan ponsel ketika sinyal lemah karena pada saat itu ponsel akan bekerja lebih keras untuk mencari sinyal sehingga menimbulkan radiasi yang lebih besar.

Jangan meletakkan ponsel di dekat badan atau kepala pada saat tidur untuk mengurangi dampak radiasi. Jika melakukan telp dalam waktu yang lama, ada baiknya menggunakan headset atau speakerphone karena memiliki jarak aman radiasi ponsel.

Sekarang sudah tahu kan beberapa dampak buruk penggunaan smartphone bagi kesehatan? Kesehatan itu mahal harganya. Mulailah bersikap bijak dalam menggunakan smartphone anda.
loading...
loading...

Related Posts

Mengerikan!! Inilah Bahaya Smartphone Bagi Kesehatan, ((Rugi Tak Baca!!))
4/ 5
Oleh